Tuesday, June 2, 2020

Inkscape Pelajaran I - Tampilan dan Dasar Menggambar

Hey sobat

kali ini kita akan belajar inkscape, di pelajaran awal ini, saya hanya membahas sedikit, hanya menjadi perkenalan.
OK, Let's Go
Buka inkscape sobat masing-masing

Scroll (Ctrl+Panah)
Gambar diatas termasuk scroll horizontal, sobat bisa scroll vertikal dengan menggulir tombol tengah mouse, dan horizontal dengan menggulir tombol tengah sambil menahan tombol shift pada keyboard, cara lain untuk scroll adalah dengan menahan ctrl pada keyboard kemudian dilanjutkan dengan menekan tanda panah, panah atas dan bawah untuk scroll vertikal, panah kiri dan kanan untuk scroll horizontal.

Select and transform object (F1)
tool ini akan sangat sering sobat gunakan nantinya, ya sesuai namanya, tool ini berfungsi untuk memilih object yang nantinya mengeluarkan fitur-fitur spesial dari tiap objek yang sobat bentuk.

Rectangle Tool (F4)
tool ini digunakan untuk membuat segi empat, baik itu berbentuk persegi panjang maupun persegi, cara membuat objek ini sobat hanya perlu mendrag (klik dan tahan kemudian diseret), dan untuk membentuk segi empat yang simetris sobat hanya perlu menahan tombol ctrl pada keyboard sembari membuat, dan jika sobat ingin membuat persegi dengan titik awalnya sebagai titik tengah pembuatan, sobat hanya perlu menahan tombol shift pada keyboard sembari membuat.
dan bagaimana jika tombol shift dan ctrl sobat tahan pas pembuatan?, pastinya sobat dapat membuat objek dengan simetris dan titik awal pembuatan sebagai titik tengah.
nah ketika sobat membuat rectangle, cobalah kembali ke Select and transform object disana sobat akan dapat merotasi dan mengubah ukuran objek tersebut

Mengubah ukuran object
nah jika objek yang sobat buat memiliki tanda panah di sekitarnya, kayak gambar di atas, maka sobat bisa mengubah ukuran objek tersebut, cobalah mendrag panah tersebut, maka sobat bisa melihat perbedaan ukuran yang didapat.
sekarang coba perhatikan inkscape bagian atas, seperti bagian bawah ini
nah saya akan jelaskan sedikit tentang fungsinya
Icon Nama Fungsi
Select all objects or all nodes (Ctrl+A) memblok semua objek

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar Kepada Kami Jika Ada Yang Kurang Jelas